UAS PRAKTIK

  

 KESADARAN DALAM MENJAGA

KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH


    Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Lingkungan sekolah merupakan sarana untuk berlangsungnya kegiatan belajar da mengajar. Kebersihan dan kesadaran merupakan salah satu faktor  yang sangat penting dalam keberlangsungan pembelajaran di sekolah. Salah satu cara melestarikan lingkungan sekolah yaitu dengan menjaga kebersihan. Kebersihan lingkungan sekolah membuat seluruh siswa menjadi semangat dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah. Menjaga kebersihan lingkungan sekolah sudah sewajib nya menjadi tanggung jawab bagi seluruh warga sekolah.Menjaga kebersihan merupakan kebutuhan yang tidak dapat untuk ditunda lagi, melainkan harus segera dilaksanakan. 

Kebersihan sebuah cerminan bagi setiap individu dalam menjaga kesehatan yang sangat penting. Kebersihan lingkungan sekolah erat berhubungan dengan kesehatan lingkungan. Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial bermasyarakat, bahkan merupakan salah satu unsur penentu kesejahteraan. Pembinaan lingkungan sekolah sehat yang merupakan salah satu unsur penting dalam membina ketahanan sekolah. Karena, lingkungan sekolah sehat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan siswa, guru, dan pegawai sekolah dan pada akhirnya meningkatkan semangat siswa dalam proses belajar. Ciri lingkungan sekolah yang bersih adalah : ventilisasi berfungsi baik, tersedia air bersih, ada tempat pembuangan sampah, lantai dan dinding bersih, serta meja dan kursi yang bersih dan tertata rapi.  

    Menjaga kebersihan sangatlah penting karena dengan lingkungan yang bersih akan terciptanya kehidupan yang nyaman, sehat, serta indah bagi seluruh warga sekolah. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, maka kita juga terhindar dari berbagai macam penyakit. Lingkungan sekolah yang kotor akan  menjadi perantara penularan berbagai penyakit karena lingkungan yang kotor adalah tempat berkembang biaknya bibit penyakit. Lingkungan yang kotor dan tidak sehat membuat lingkungan tidak nyaman, juga dapat mendatangkan berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, malaria, dan diare. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan termasuk kebersihan lingkungan sekolah. Dengan terciptanya kebersihan lingkungan, lingkungan pun akan menjadi lebih sejuk dan terbebas dari polusi udara. Serta dapat mewujudkan sekolah yang bersih dan dapat mendorong semangat seluruh siswa dalam belajar. 

    

www.yasanjosiantar.com

www.smpcintarakyat1.sch.id

www.secretkampus.com






Comments

Popular Posts